Jumat, 12 Juni 2015

Flashback Pengumuman Pemenang

Lima tahun lalu, saya menggoreskan kata “Belanda” sebagai negara tempat impian menjemput gelar Master. Siapa sangka, Allah memberikan rezeki untuk ke sana jauh lebih cepat.

Sedikit flashback, pertengahan Mei kemarin ada sebuah nomor tidak dikenal yang menelepon. Buat online shopper part-timer macam saya yang nomor hp-nya beredar di mana-mana, bukan kejadian yang aneh sih sebenarnya :P Waktu itu saya lagi di kelas, jadi dengan santainya saya reject. Rupanya si penelepon jauh lebih kukuh. Kurang lebih 4x dia menelepon, 4x juga saya reject. Karena sepertinya penting, saya putuskan untuk menelepon balik setelah selesai kelas. Daaan ternyata telepon itu dari salah satu konsultan Nuffic Neso Indonesia. Namanya Mbak Rosa. Suaranya ramah banget :) Dia meminta konfirmasi apakah saya akan menghadiri acara pengumuman pemenang Holland Writing Competition atau tidak. Saat itu saya sama sekali belum ada feeling macam-macam. Saya pikir, semua peserta yang masuk 40 besar pasti dimintakan konfirmasi kehadirannya. Pengumuman pemenang diadakan hari Jumat. Saya menjawab bahwa sepertinya tidak bisa hadir karena ada kuliah (jawaban refleks, lupa kalo Jumat itu sebenarnya kosong). Tapi untung, untuuung saya lupa, karena Mbak Rosa jadi memberi bocoran bahwa artikel yang saya tulis masuk 4 besar :P


Tentu, saya senang. Namun saya masih berusaha menjaga ekspektasi. Andaipun bisa juara 3 atau 4 saja (yang notabene hadiahnya bukan summer course ke Belanda) sudah bersyukur banget karena ini pengalaman pertama. So, it’s such a great surprise when I’m announced as a first winner.

Respon pertama, kayaknya saya sempet cengo dulu deh, berasa nggak percaya aja sampai akhirnya peserta lain yang duduk di sebelah saya mengulurkan tangan mengucapkan selamat, baru saya menjejak bumi lagi. Pas maju menerima hadiah, sedikit wawancara, sampai photo session, otak saya masih bertanya-tanya : “ini seriusan?”.

Alhamdulillahilladzi bini’matihi tattimus sholihat.

Allah memang Maha Baik :’). Saya sudah ngidam ikut kompetisi ini sejak 5 tahun yang lalu. Tapi saya nggak pernah berani ikut. Tahun ini, saya nekad maju. Alasan utamanya mumpung lagi nggak jadi pegawai aktif, jadi nggak perlu repot-repot mikirin cuti kalau menang. Ditambah lagi, jadwal summer course-nya bertepatan dengan libur UAS. Ketika sudah kejadian bener-bener menang, tetap saja rasanya masih seperti mimpi :’).

Beberapa teman nanya, koq bisa sih kepikiran buat bikin tulisan yang semi-fiksi begitu? Jadi ceritanya, saya menggarap tulisan itu mepet deadline. Sebenernya ini bagian dari strategi saya sih hehehe. Kan semua tulisan peserta dimuat di blog NVO. Jadi, saya ada kesempatan memata-matai tulisan peserta yang telah masuk terlebih dahulu. Sempat sih, muncul keraguan saat melihat banyaknya jumlah peserta, ditambah kualitas tulisan mereka yang beberapa diantaranya menurut feeling saya sudah layak jadi juara. Saya kemudian berkontemplasi xD Satu-satunya cara saya bisa menang adalah membuat gaya tulisan yang berbeda dan nyeleneh. Semi-fiksi lah akhirnya cara yang saya pilih.

It’s a bit gamble because it’s not stated in the term and condition, wheter must be full of non-fiction or not. But sometimes, I’m a risk-taker one :p. Alhamdulillah, ternyata pilihan saya ini nggak salah. Berkali-kali saat pengumuman, juri mengatakan bahwa hal itulah yang membuat tulisan saya mendapat poin plus di mata mereka. Alhamdulillah…

Kaki mungil ini In syaa Allah akan segera menjejak benua putih. Benua yang dulu hanya berani diangankan dalam mimpi. Semoga perjalanan ini menjadi pendorong, agar kaki mungil ini semakin bersemangat mencari jalan untuk menapaki sudut-sudut lain di bumi Allah. Mencari ilmu-Nya, mengagumi kebesaran-kebesaranNya, mengenali lebih dekat ciptaan-ciptaan-Nya. Aamiin… :)

*Note : tulisan ini In syaa Allah akan saya buat beberapa seri untuk sarana sharing menjelang dan selama saya di sana. Seri kedua akan memuat cerita tentang pengurusan tetek bengek administratif pengurusan paspor dan Letter of Acceptance (LOA) dari pihak univ :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar